You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Petugas Kebersihan Sigap Tangani Sampah di Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo - Gibran
....
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Petugas Kebersihan Sigap Tangani Sampah di Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo-Gibran

Ribuan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta langsung bergerak cepat membersihkan sampah yang muncul selama Pesta Rakyat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10).

"Menurut saya, ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain,"

Acara yang digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Monas ini dihadiri ribuan warga dari berbagai daerah.

Dinas LH Pastikan Jakarta Tetap Bersih saat Pelantikan Presiden

Petugas kebersihan langsung menyisir jalanan untuk mengumpulkan sampah yang berserakan setelah acara iring-iringan presiden dan wakil presiden serta pejabat lainnya berakhir dan massa mulai membubarkan diri. Dengan kantong sampah di tangan, petugas kebersihan mengangkutnya ke dalam truk sampah yang telah disiapkan.

Aksi cepat tanggap ini mendapat apresiasi dari warga. Restu (29), warga Depok, Jawa Barat, yang hadir di acara tersebut memuji kesigapan petugas dalam menangani sampah yang berserakan di sepanjang jalan.

“Menurut saya, ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Banyak warga dari seluruh Indonesia hadir di sini untuk merasakan kemeriahan pelantikan ini, dan penanganan sampah yang cepat sangat penting,” ujar Restu.

Ia menyampaikam, kecepatan dalam menangani sampah selama acara mencerminkan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga kebersihan kota. Menurutnya, Pesta Rakyat yang meriah sekaligus tertib ini diharapkan bisa menjadi teladan bagi acara-acara besar lainnya di masa mendatang. Ia juga menyoroti pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Ini bukti keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan sampah, sekaligus menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Tanpa kesadaran dari diri sendiri, masalah sampah tidak akan selesai dan akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menurunkan ribuan personel untuk menjaga kebersihan pada acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada Minggu, (20/10). Petugas kebersihan tersebut disiagakan di berbagai titik strategis untuk memastikan Jakarta tetap bersih baik selama acara berlangsung ataupun setelahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, personel kebersihan ini secara khusus akan bertugas di sejumlah lokasi utama yang menjadi pusat pelaksanaan acara dan keramaian massa.

Ia merinci, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan menerjunkan 600 personel pada saat persiapan dan 800 personel saat acara berlangsung. Ia merinci, petugas dikonsentrasikan di area sekitar Gedung DPR/MPR RI, Istana Negara, Kawasan Monas, Jalan Thamrin-Sudirman, serta sekitar Bandara Halim Perdanakusuma.

“Petugas ini selain ribuan petugas organik yang bertugas di seluruh Jakarta,” ucapnya.

Asep menambahkan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga mengerahkan berbagai sarana dan prasarana untuk menjaga kebersihan, termasuk 45 unit Road Sweeper, 15 unit Truk Anorganik, 10 unit Mini Dump Truck, 13 bus toilet serta fasilitas kebersihan yang menunjang masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

“Kami juga menempatkan banyak tempat sampah tambahan di area-area publik untuk memudahkan masyarakat menjaga kebersihan selama acara berlangsung," tandas Asep.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3753 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1453 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1305 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1226 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1005 personAldi Geri Lumban Tobing